Kamu Akan Tetap Sehat Selama Puasa Jika Melakukan Hal ini

- Sabtu, 18 Maret 2023 | 17:34 WIB
Bulan Puasa di Turki
Bulan Puasa di Turki

BANDUNG NEWS - Saat menjalankan puasa selama bulan Ramadan, tubuh kita tidak menerima asupan apa pun selama kurang lebih 12 jam. Kadang kala kita merasa khawatir karena takut berpengaruh terhadap kesehatan tubuh.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui cara menjaga kesehatan selama puasa agar tubuh tetap fit saat beraktivitas. Aktivitas puasa, bukan berarti membuat tubuh kekurangan zat gizi atau kelaparan.

Puasa justru dapat mengistirahatkan  organ tubuh selama beberapa jam . kamu tidak perlu takut kekurangan gizi atau menjadi gemuk saat berpuasa.

Semua itu akan berjalan normal jika memperhatikan asupan gizi yang seimbang saat berpuasa. Nah, berikut sudah dipaparkan beberapa tips menjaga kesehatan selama puasa.

Baca Juga: Yana Mulyana Harap Mesjid Jadi Pusat Kegiatan Sosial dan Keagamaan

1. Penuhi Asupan Minum Air Putih

Selama puasa, kamu harus tetap mengonsumsi air putih yang cukup, yaitu sekitar 8 gelas per hari. Kamu harus sering minum air putih di rentang waktu berbuka puasa sampai sahur.

Tubuh harus tetap terhidrasi selama puasa, oleh karena itu harus memenuhi cairan yang cukup, salah satunya air putih. Air putih sangat bermanfaat untuk mengatasi lemas dan haus saat berpuasa.

2. Konsumsi Makanan Alami

Tidak disarankan untuk mengonsumi makanan cepat saji saat berpuasa. Alangkah baiknya jika kamu mengonsumsi makanan alami agar tubuh tetap sehat dan fit. Mengonsumsi makanan alami selama puasa dapat mengurangi risiko kanker, penyakit jantung, dan berbagai macam penyakit lainnya.

Makanan alami yang dimaksud adalah makanan yang tidak perlu melewati tahap pengolahan atau diproses, seperti sayuran, buah-buahan, serta daging sapi atau ayam yang tidak diolah.

Baca Juga: Layak Dicoba, Ini 7 Alamat Cafe Paling Terkenal di Panyileukan Kota Bandung

3. Menghindari Makanan dan Minuman dengan Kadar Gula Tinggi

Gula memang bisa memberikan energi untuk tubuh, tetapi sifatnya hanya sementara. Saat gula yang dikonsumsi tadi menurun, maka rasa lapar dan letih akan terasa kembali.

Oleh karena itu, dari pada mengonsumsi gula, lebih baik konsumsi makanan yang memiliki karbohidrat tinggi sehingga tubuh semakin berenergi dan tidak mudah lelah.

Halaman:

Editor: Ujang Ican

Tags

Artikel Terkait

Rekomendasi

Terkini

Temukan Cara Efektif Mengusir Cicak dari Rumah Anda

Kamis, 30 November 2023 | 22:05 WIB
X